Langsung ke konten utama

Usability Testing: Cara Seru Menguji Kemudahan Penggunaan Aplikasi

 Halo, Sobat Lentera Galaxy yang selalu ingin menambah ilmu. Hari ini saya akan melanjutkan penjelasan lebih rinci lagi tentang Usability Testing, sebuah metode pengujian aplikasi berdasarkan penampilannya. Nah kali ini, akan diberikan tips seru untuk menguji kemudahan penggunaan aplikasi dengan judul...


Usability Testing: Cara Seru Menguji Kemudahan Penggunaan Aplikasi


Pernah nggak sih, kamu pakai aplikasi atau website yang bikin pusing karena tombolnya susah dicari, atau tampilannya nggak enak dilihat? Nah, di sinilah pentingnya Usability Testing! Singkatnya, Usability Testing adalah cara untuk menguji apakah aplikasi, website, atau produk digital lainnya mudah digunakan atau malah bikin frustrasi. Ini semacam uji coba yang dilakukan langsung oleh pengguna asli untuk mengetahui seberapa nyaman mereka berinteraksi dengan produk tersebut.

Gampangnya, kamu mengajak orang untuk menggunakan aplikasi yang kamu buat, lalu melihat apakah mereka bisa menggunakannya dengan mudah atau justru kebingungan.

Kenapa Penting?

Zaman sekarang, aplikasi atau website yang bikin pusing itu dijamin bakal ditinggalin. Bayangin aja, kamu buka aplikasi pesan makanan, tapi tombol pesan malah susah dicari atau nggak responsif. Dalam hitungan detik, kamu mungkin bakal langsung menutup aplikasi itu dan cari alternatif lain. Ini sebabnya Usability Testing sangat penting! Tujuannya supaya aplikasi yang dibuat bisa digunakan dengan nyaman, efisien, dan tentunya bikin pengguna senang.

Bagaimana Cara Melakukan Usability Testing?

Meskipun kedengarannya serius, Usability Testing bisa dilakukan dengan cara yang cukup simpel dan seru! Berikut adalah langkah-langkah dasarnya:

  1. Tentukan Tujuan Uji Coba
    Apa yang ingin kamu tes? Misalnya, apakah pengguna bisa menyelesaikan tugas tertentu seperti "mencari barang" atau "menambahkan ke keranjang belanja"?

  2. Pilih Pengguna yang Tepat
    Tes ini nggak dilakukan oleh para developer atau tim teknis aja, melainkan orang-orang yang memang bakal menggunakan aplikasimu sehari-hari. Misalnya, kalau kamu bikin aplikasi belanja, cari pengguna yang sering belanja online.

  3. Beri Tugas Sederhana
    Minta pengguna melakukan tugas yang biasanya akan mereka lakukan, seperti "beli barang A" atau "cek jadwal kereta". Lihat bagaimana mereka melakukannya tanpa bantuanmu.

  4. Perhatikan dan Catat
    Ini bagian yang menarik! Perhatikan bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi. Apakah mereka menemukan kesulitan? Apakah ada bagian yang membingungkan? Catat semua yang kamu lihat.

  5. Analisis Hasilnya
    Setelah tes selesai, analisis hasilnya. Bagian mana yang perlu diperbaiki? Apakah ada fitur yang terlalu sulit untuk digunakan?

  6. Perbaiki dan Tes Ulang
    Setelah menemukan masalahnya, lakukan perbaikan dan uji kembali. Usability Testing biasanya dilakukan beberapa kali sampai produk benar-benar nyaman digunakan.

Manfaat dari Usability Testing

  • Meningkatkan Kepuasan Pengguna
    Semakin mudah produkmu digunakan, semakin besar kemungkinan orang akan terus memakainya. Ingat, kebahagiaan pengguna itu kunci keberhasilan produk digital.

  • Mengurangi Frustrasi Pengguna
    Tes ini bisa mengidentifikasi bagian mana yang bikin pengguna frustrasi, sehingga bisa segera diperbaiki sebelum produk diluncurkan secara luas.

  • Menghemat Biaya Perbaikan di Masa Depan
    Perbaikan kecil yang dilakukan di awal bisa menghindari masalah besar dan mahal di kemudian hari.

Contoh Kasus: Usability Testing dalam Dunia Nyata

Kamu pasti tahu aplikasi Instagram, kan? Sebelum jadi aplikasi yang sekarang, Instagram sudah melalui berbagai Usability Testing. Mulai dari penempatan tombol, cara posting foto, hingga navigasi di dalam aplikasinya. Semua itu diuji untuk memastikan pengguna bisa menikmati pengalaman yang menyenangkan. Tanpa testing yang matang, mungkin Instagram nggak akan sepopuler sekarang.

Tips Seru untuk Melakukan Usability Testing

  • Jangan Takut Salah
    Justru dengan menemukan kesalahan, kamu bisa memperbaiki aplikasi menjadi lebih baik!

  • Gunakan Orang dari Berbagai Latar Belakang
    Cobalah ajak orang dengan usia, pekerjaan, dan kebiasaan yang berbeda. Semakin beragam pengguna, semakin banyak sudut pandang yang kamu dapatkan.

  • Buat Suasana Santai
    Jangan bikin suasana terlalu formal. Ajak pengguna dengan cara yang santai, seperti sedang ngobrol biasa. Ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan memberikan masukan yang lebih jujur.

Kesimpulan

Usability Testing adalah langkah penting yang bisa membuat aplikasi atau website kamu lebih nyaman dan menyenangkan untuk digunakan. Dengan melakukan uji coba ini, kamu bisa tahu apa yang perlu diperbaiki sebelum produk diluncurkan ke publik. Jadi, jangan remehkan tahap ini, karena kepuasan pengguna ada di tanganmu!

.

.

.

Terima kasih telah membaca, semoga dengan membaca blog ini kalian dapat mengenal usability testing lebih baik. Serta dapat melakukan menguji kemudahan penggunaan aplikasi dengan lebih seru dan menyenangkan.

.

.

.


Referensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Nusantara

Kembali lagi bersamaku di blog Lentera_Galaxy. Kali ini saya akan mempublikasikan naskah drama Bahasa Indonesia yang pernah saya beserta kelompok saya pentaskan untuk tugas pelajaran Bahasa Indonesia kelas X. Ok jangan tanya usia saya berapa. Hihihi.. Naskah drama ini bertemakan cerita rakyat Jawa Barat nih. Judulnya Putri Kandita Si Ratu Pantai Selatan. Penulisnya adalah saya, Herlina, dan Vivi Rahmawati. Naskah drama ini diperankan oleh 8 orang. Banyak yah? Sebelum jadi sebuah naskah drama, kami mendapat ide dari Cerita Rakyat Nusantara  yang kami cari di mesin pencari tentunya. Oh iya, kalau pernah baca komik yang judulnya 7 Wonders itu juga menceritakan tentang ratu pantai selatan loh. Tapi dengan asal muasal cerita yang berbeda. Karena banyak sekali sumber ceritanya. Tentunya komik itu bukan karya saya :D Simak lebih lanjut naskah drama hasil karya kami. PUTRI KANDITA : SI RATU PANTAI SELATAN              Alkisah, di daerah Pakwan (kini kota Bogor), Jawa Barat,

Mengenal Model Interaksi Donald Norman: Cara Kita Berinteraksi dengan Teknologi

Hai, bertemu kembali dengan saya di tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Pada pertemuan kali ini membahas model interaksi dari Donald Norman yang memiliki 7 prinsip dasar, dan akan menunjukan dua buah aplikasi dengan tujuan sama. Pertama-tama interaksi itu apa sih? Interaksi merupakan suatu hubungan antar user dan komputer atau sebaliknya. Seperti yang telah dijelaskan di pembahasan sebelumnya. Sedangkan t ujuan sistem interaktif adalah untuk membantu pengguna (user) untuk mencapai tujuan (goal) dari beberapa aplikasi domain. Ada beberapa  sistem atau model interaksi  yang dirancang untuk menggambarkan bagaimana manusia berinteraksi dengan teknologi. Beberapa model ini berasal dari studi Human-Computer Interaction (HCI) dan ilmu kognitif, yang berfokus pada desain antarmuka dan pengalaman pengguna. Salah satu model interaksi yang dibahas kali ini adalah Model Interaksi Donald Norman dengan judul .. Mengenal Model Interaksi Donald Norman: Cara Kita Berinteraksi den

Interaksi Manusia dan Komputer

Bagaimana kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan baik yah. Sudah tiga bulan sejak terakhir kali saya memposting sesuatu, kini kembali dengan membawa pembahasan tentang Interaksi Manusia dan Komputer. Interaksi Manusia dan Komputer, mendengarnya saja kita sudah bertanya-tanya, bahkan mungkin saja sebagian dari kalian berimajinasi tentang manusia berbicara dengan komputer. Jadi, sebenarnya apasih Interaksi Manusia dan Komputer? Interaksi Manusia dan komputer atau yang lebih dikenal dengan  Human-Computer Interaction (HCI)  merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari interaksi manusia dengan komputer. Interaksi di sini bukan berarti kita (manusia) berbicara dengan komputer. Tapi lebih mengarah pada keterkaitan antara pembuat, mesin, dan pengguna dalam perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka agar mudah digunakan  dan memperoleh hasil yang diharapkan. Apasih tujuan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer? Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer adalah : Membuat